Ayo!!!Bangkitlah Indonesia di SEA Games 2011


Sobat ALIF, pada pertengahan november nanti indonesia akan menggelar perhelatan akbar perolahragaan tingkat negara-negara Asia Tenggara, yang disebut SEA Games. SEA Games adalah singkatan dari “South East Asian Games”, yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “Pertandingan-pertandingan Olahraga Negara-negara Asia Tenggara. Sea Games ini akan diikuti oleh 11 negara yang tergabung dalam ASEAN(Association of South East Asian Nations) yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Philipina, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Myanmar, dan anggota baru ASEAN Timor Leste.
            Dan pada tahun 2011 ini, Indonesia sebagai tuan rumah pelaksana penyelenggara SEA Games ke-26 rencananya akan menggelar perhelatan akbar ini pada tanggal 11-22 november. Dalam SEA Games kali ini akan diselenggarakan 44 cabang olah raga yang pelaksanaannya difokuskan di fokuskan di 2 kota yaitu, Palembang dan Jakarta. KONI9Komite Olahraga Nasional Indonesia) sebagai lembaga tertinggi yang mengurusi persoalan-persoalan olahraga di tanah air menargetkan untuk memperoleh 145 medali emas dari 44 cabang olahraga yang di ikuti Indonesia.
            Kemenpora(Kementrian Pemuda dan Olahraga) menilai target KONI tersebut terlalu berat di capai oleh kontingen Indonesia. Karena bila dilihat dari prestasi-prestasi para atlet kita (Olimpiade Beijing 2008/SEA Games Laos 2009) kita masih kalah dibandingkan Thailand dan Vietnam. Bukan berarti kita kalah dari mereka, tapi kita harus bekerja lebih keras lagi agar kita bisa sekuat mereka atau bahkan di atas level mereka.
·                           Kondisi Pra-SEA Games
Kegiatan akbar SEA Games ini sempat terganggu setelah terbongkarnya kasus penyelewengan dana pembangunan wisma atlet di Palembang oleh Nazarudin mantan Bendahara partai Demokrat beserta para kolega-koleganya. Dan juga sempat mandeknya pembangunan venue-venue baru untuk SEA Games karena belum turunnya dana dari pemerintah. Hal ini meyebabkan kondisi darurat SEA Games, yang memaksa TNI untuk ikut turun tangan membantu menyelesaikann venue-venue yang belum selesai pengerjaanya.
Tapi jauh dari hal-hal diatas, para atlet kita telah siap baik jiwa maupun raga untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia. Untuk mempersiapkan jiwa dan raga biasanya para atlet tersebut akan di karantina di suatu tempat dan di beri latihan-latihan mulai dari latihan ringan hingga latihan berat. Tapi yang lebih penting untuk dipersiapkan adalah kesiapan mental dan jiwa para atlet , agar di saat mereka sedang dalam kondisi “down” mereka bisa tetap tenang dan memikirkan cara untuk membalik keadaan saat kondisi lawan tengah lengah.  

l                              Menjelang hari-H SEA Games 2011
          
           Kita bisa menghitung dengan jari seberapa dekatnya pelaksanaan SEA Games nanti yang akan digelar di Palembang da Jakarta. Rencananya pada saat pembukaan SEA Games nanti akan diselenggarakan sebuah parade ysng diadakan di sepanjang sungai musi lalu melintasi jembatan Ampera dan berlanjut ke Benteng Koto Besak yang menjadi salah satu ikon di kota Palembang. Memang saat ini kita sedang berharap-harap cemas apakah pelaksanaan SEA Games anti akan sesuai jadwal atau tidak. Karena masih banyak venue yang belum rampung masa pengerjaannya.
           Euphoria SEA Gamespun masih banyak yang belum nampak di kalangan masyarakat, karena banyak sekali kasus yang menenggelamkan suka-cita SEA Games yang waktu terjadinya sangat berbarengan dengan terjadinya skandal-skandal politik besar di negeri ini.
  
l                            Bangkitlah Garuda Muda Indonesia
          
           Sobat Alif, seperti yang saya sebutkan di atas. Terakhir kali Indonesia mendapatkan gelar juara juara umum SEA Games adalah pada tahun 1997 dan semenjak tahun 1997 hingga sekarang kita selalu gagal mendapatkan gelar juara umum, yang sekarang banyak di dominasi oleh Thailand. Indonesia tentu pernah memiiki masa-masa keemasan yakni pada periode tahun 70 hingga di awal periode 90-an.Pada saat itu muncullah istilah “Indonesia adalah macannya Asia.” Karena pada masa-masa tersebut dunia perolahragaan kita sedang dalam masa puncak-puncaknya, seperti prestasi kita dalam dunia perbulutangkisan putra-putri Indonesia yang banyak sekali menerima bnayak medali di Thomas Cup(bagi pebulutangkis pria), Uber Cup(bagi pebulutangkis wanita), All England, Olimpiade, dan masih banyak lainnya.
           Bila dilihat dari kondisi dunia perolahragaan kita saat ini, masih kalah jauh prestasinya dibandingkan dengan atlet-atlet terdahulu kita. Tapi bila aatlet-atlet muda mampu meniru kedisiplinan dan keuletan atlet-atlet terdahulu tidak mustahil bila kita mampu bangkit dan meraih prestasi-prestasi yang dulu kita sangat sulit meraihnya.

l                             Harapan Untuk Indonesia Pada SEA Games 2011

           Semua golongan masyarakat Indonesia memiliki satu harapan ynag sama, yaitu Indonesia harus menjadi juara umum pada SEA Games kali ini. Mari lupakan sejenak persoalan-persoalan nasional yang “jelimet dan ruwet”, gunakan segenap energi kita untuk mendukung dan mensukseskan pergelaran SEA Games 2011 ini. Karena baik di sadari ataupun tidak diselenggarakannya SEA Games ini bisa memupuk tali persaudaraan antar negara ASEAN dan khususnya diIndonesia bisa memperkuat persatuan dan kesatuan serta memperkuat rasa cinta pada tanah air.

           Jadi sobat Alif, memnag tidak mudah untuk menjadi seorang juara. Butuh banyak pengorbanan baik waktu ataupun biaya untuk mencapai apa yang ingin kita capai. Dengan tekun berlatih dan semangat yang membara apapun rintangannya “Kita Pasti Bisa.”

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA MINAK JINGGO DAN DAMARWULAN

Contoh Naskah Drama Teatrikal (Kampanye Stop KDRT Jateng 2016)

Contoh Script Acara Televisi (Tugas Produksi Tv)