Contoh Proposal Kegiatan Kompetisi (USM Robotic Competition 2015)

PROPOSAL KEGIATAN
ROBOTIC LEGO CONTEST 2015
1. Latar Belakang
Lego adalah sejenis alat permainan bongkah plastic kecil yang terkenal di dunia khususnya di kalangan anak-anak atau remaja, baik laki-laki maupun perempuan. Bongkah-bongkah ini serta kepingan lain bisa disusun menjadi model apa saja. Mobil, keretaapi, bangunan, kota, patung, kapal, kapalterbang, pesawat luar angkasa serta robot, semuanya bisa dibuat.  Alat permainan ini dikeluarkan oleh Perusahaan LEGO dari Denmark.
Perpaduan antara Lego dan robotika sendiri terjadi pada tahun 1985. Tim teknik dari Lego menemukan sistem teknik control computer untuk mainan Lego, sehingga mainan Lego tersebut bisa dikendalikan melalui perangkat komputer, dan hal ini semakin memperkaya bentuk realism kreasi mainan Lego. Semakin berkembangnya sistem ini sering dimanfaatkan oleh para pengajar atau pun komunitas robot untuk lebih mengenalkan bagaimana dunia robotika untuk orang awam.



Di Indonesia sendiri, kompetisi Robot Lego mulai marak dalam 5 hingga 7 tahun ini. Komponen Lego yang sederhana dan “mesin” robot yang tidak terlalu rumit menjadi keunikan sendiri dalam kompetisi ini. Kompetisi Robotic Lego menjadi ajang permulaan untuk para pelajar untuk belajar lebih lanjut mengenai dunia robotika, dengan diselenggarakannya kompetisi ini diharapkan kedepannya akan muncul generasi muda yang mumpuni dalam dunia robotika.

2. Tujuan
Dalam acara FESTIVAL KOMUKINO yang akan diadakan tanggal 15-16 Desember 2015 yang bertempat di Universitas Semarang. Kami ingin mengajukan sebuah proposal yang berisi mengenai kegiatan “Robotic Lego Contest” dengan target sasaran peserta yang berasal dari SMA/SMK/MA sederajat di kota Semarang dan sekitarnya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat pelajar dalam dunia robotika, terlebih lagi perkembangan teknologi yang semakin cepat menuntut generasi muda untuk selalu memperkaya pengetahuan dan pengaplikasiaannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan kegiatan ini juga sebagai bekal untuk kalangan pelajar yang berpotensi mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah kompetisi robot nasional maupun internasional.

3. Identifikasi dan Segmentasi Sasaran
Premier : pelajar SMA/SMK/MA sederajat kota Semarang dan sekitarnya
Jenis kelamin : laki-laki dan perempuan
Usia : 15 – 18 tahun
Kelasekonomi :  A, B, dan C
Pendidikan : SMA/SMK/MA sederajat
Pekerjaan :Pelajar

Sekunder : Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta di kota Semarang
JenisKelamin : laki-laki dan perempuan
Usia : 18 – 27 tahun
Kelas ekonomi : A, B, dan C
Pendidikan : pelajar dan mahasiswa
Pekerjaan : mahasiswa

4. SWOT Analisis
Strength :
- Pada Bulan Desember hanya USM satu-satunya yang mengadakan even berupa lomba merangkai Robotic Lego
- Bekerjasama dengan komunitas Begundal Lego Semarang dan Robotic Education Centre Semarang

Weaknes :
- Lokasi Jauh dari Pusat Kota
- Bertepatan dengan jam sekolah/kuliah
- Acara dilaksanakan bukan pada hari libur/tanggal merah

Opportunity :
- Lego merupakan permainan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan usia dan jenis kelamin.
- Teknologi Robotic di Kota Semarang sedang berkembang dan menarik di Kalangan Akademisi dan Masyarat Umum.

Threat :
- Harga permainan lego dan Robotic tergolong permainan yang relatif tidak murah

5. Ojectives
Marketing Objectives :
a.  Jumlah target peserta lomba, yaitu 20 peserta yang terdiri dari pelajar SMA/SMK sederajat dan mahasiswa Universitas yang ada di Semarang.
b. Pendaftaran Peserta dimulai dari tanggal 9 November 2015 dengan target 20 peserta ter-registrasi maksimal 2 minggu sebelum acara.

Communications Objectives :
a. Para peserta lomba dapat menggunakan perlatan secara optimal serta dapat menghasilkan karya visual dan bisa bergerak yang menarik menurut juri ketika peserta menapat nilai > 70 point.
b. Saling berkompetisi bagi peserta Robotic Legi sekaligus menambah dan mengasah kreativitas dalam bidang Robotic Lego.

6. Strategy
Memperjelas konsep  dengan berkonsultasi pada komunitas Begundal Lego Semarang.
Mendatangi sekolah-sekolah dan kampus sambil mengamati sekolah/kampus mana saja yang berkemungkinan banyak peminat Lego ataupun Robotic.
Membuat Poster dan menempelkannya ke sekolah-sekolah/kampus yang sudah kita survei sebelumnya, dan juga di lokasi-lokasi/tempat umum yang menurut kami cukup strategis.
Menempelkan sedikitnya 5 poster di 5 titik tempat strategis di tiap satu sekolah/kampus yang kita datangi.
Membuat MMT dan akan kita pajang di sekitar lokasi sebagai penanda bahwa ditempat tersebut sedang ada Robotic Lego Contest 2015 sehingga memudahkan peserta untuk menemukan lokasi, dan menarik massa di sekitar lokasi untuk menyaksikan acara lomba komik strip yang sedang berlangsung.

7. Tactics
Mempublikasikan ke media sosial secara periodik, yakni kita akan memfokuskan ke Twitter dan Facebook dan BBM.
Untuk Twitter, kita telah membuat akun dengan nama akun @usmroboticlegocontest akun tersebut kita gunakan sebagai sarana promosi dan juga sebagai sarana informasi para calon pendaftar lomba komik strip.
Semua yang di tweet oleh akun @usmroboticlegocontest akan di retweet oleh semua anggota dan crew USM Challenge: Robotic Lego Contest 2015 sehingga akan muncul di timeline akun mereka masing-masing.
Untuk Facebook, kita akan membuat undangan acara USM Challenge: Robotic Lego Contest 2015.

8. Kegiatan / Implementation :
a. Waktu dan tempat kegiatan
Acara kompetisi Robotic Lego ini akan dilakukan pada :
Hari : Selasa - Rabu
Tanggal : 15 – 16 Desember 2015
Waktu : 13.00 WIB (Selasa) dan 17.00 WIB (Rabu/Final kompetisi)
Tempat : Auditorium Ir. Widjatmoko Universitas Semarang


b. Konsep Acara
Untuk konsep dan kompetisi Robotic Lego ini adalah :
1. Peserta yang akan mendaftar di Kompetisi Robotic Lego diharuskan mengisi formulir pendaftaran dengan menyertakan:
KartuTandaPelajar
Kartu Tanda Penduduk (bila ada)
2. Peserta yang ingin mengikuti Kompetisi Robotic Lego dikenakan biaya administrasi sebesarRp. 50.000,-/ per tim (2 hingga 3 orang)
3. Lomba akan dibagi menjadi 3 bagian. Pertama, kompetisi merakit robot Lego dalam waktu 30 menit. Kedua, atraksi robot Lego yang telah dirakit. Ketiga, keunikan dan kompleksitas robot lego akan menjadi nilai tambah dalam Kompetisi Robotic Lego ini.
4. Kami akan mengadakan 2 tahap kompetisi :
Tahap pertama adalah penyisihan
Tahap kedua adalah final, pertarungan antara 2 tim robotic yang masuk semi final untuk memperebutkan juara pertama.
Setiap tahap akan berlangsung selama 60 menit (1 jam). 30 menit pertama digunakan untuk merangkai robot lego, dan 30 menit kedua digunakan untuk atraksi dan penilaian.
5. Kompetisi Robotic Lego ini akan dihadiri 2 orang juri. Dosen (akademisi) Teknik Elektro USM dan Ketua dari Komunitas Lego Semarang

c. Rundown Acara
Hari / Tanggal : Selasa – Rabu, 15 – 16 Desember 2015
Waktu : 13.00 – Selesai ( Selasa ) & 17.00 – Selesai ( Rabu )
Lokasi : Auditorium Ir. Widjatmoko Universitas Semarang





Pukul Acara PIC
Selasa, 15 Desember 2015
12.00 – 13.00 Daftar Ulang Jehan & Danang
13.00 – 13.10 Opening MC Ersha
13.10 – 13.20 Sambutan Ketua Panitia Izaaul
13.20 – 14.20 Robotic Lego Contest 2015 Peserta
14.20 – 15.00 Penjurian & Pengumuman Semi Finalis Juri, Peserta & MC
Rabu, 16 Desember 2015
17.00 – 17.10 Opening MC Ersha
17.10 – 18.00 Penilaian Final Juri & Peserta
18.00 – 18.30 Serah Terima Hadiah dan Piagam MC
18.30 – 18.10 Penutupan Acara MC


d. Mengoptimalkan Media Promosi
Promosi melalui Media Cetak, kita akan memasukkan press release di Media Cetak : Koran Suara Merdeka, Kompas dan Tribun Jateng. Radio : RRI, SS FM, USM Top FM.

Poster di tempat-tempat strategis:
Gramedia Pandanaran,  Gramedia Pemuda, Toko-Toko Buku dan Toko-Toko Mainan.

Poster di SMA/sederajat dan Universitas yang ada di Semarang masing-masing sekolah dan kampus akan kita tempelkan 5 poster di titik strategis. Beberapa Sekolah dan kampus yang akan kita datangi adalah:
SMA Negeri 1 Semarang, SMA Negeri 2 Semarang, SMA Negeri 3 Semarang , SMA Negeri 5 Semarang, SMA Negeri 9 Semarang, SMK Negeri 7 Semarang,  SMK Negeri 1 Semarang, SMK Negeri 2 Semarang, SMK Negeri 3 Semarang, SMK Negeri 9 Semarang,  Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sultan Agung Semarang,  Universitas 17 Agustus Semarang, UNIKA dan Universitas Semarang.

Melalui media sosial, dengan cara seperti yang tertuliskan di Strategy dan Tactics.
Facebook, Twitter, Broadcast BBM dan Instagram

e. Publikasi
-Melalui Poster
  Tempat : Mading dan kantin di setiap kampus sekolah/universitas
  Ukuran : A3

-Melalui spanduk
Tempat : Pintu gerbang kampus Universitas Semarang
Ukuran : 600 Cm x 150 Cm

9. SusunanPanitia
Ketua : Muhammad Izzaul Haque
Sekretaris : Ersha Rianita
Bendahara : Mariya
Seksi Perlengkapan : Imam Zaenal & Muhammad Ichsan
Seksi Humas : Danang Rudi Prabowo & Jehan
Dokumentasi : Yunika Ernawati & Fara
Seksi Acara : Semua anggota tim


10. Anggaran
Pemasukan
Uraian Biaya Qty Satuan Jumlah Sub
Biaya Pendaftaran 50.000 20 Tiket 1.000.000,-
Jumlah 1.000.000,-
Pengeluaran
Poster 6.000 100 Pcs 600.000,-
Piagam 6.000 3 Pcs 18.000,-
Co. Card 10.000 25 Pcs 250.000,-
X-Banner 75.000 4 Pcs 300.000,-
MMT 150.000 2 Pcs 150.000,-
Juri 250.000 2 Orang 500.000,-
Sewa Kursi, Meja & Kebersihan 250.000 1 Paket 250.000,-
Cetak Proposal Sponsor 10.000 5 Pcs 50.000,-
Dokumentasi 100.000 1 Paket 100.000,-
Transportasi & Komunikasi 100.000 1 Paket 100.000,-
Juara 1 1.000.000 1 Kelompok 1.000.000,-
Juara 2 750.000 1 Kelompok 750.000,-
Juara 3 500.000 1 Kelompok 500.000,-
Snack & Minuman 10.000 10 Paket 100.000,-
Lain – Lain 332.000 1 Paket 332.000,-
Jumlah 5.000.000
Perhitungan Rugi – Laba
Registrasi 1.000.000
Sponsorship 4.000.000
Balance 5.000.000


11. Timeline
Timeline Media
Media Vehicle Oktober November Desember
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
Poster
Iklan Media
Media Sosial
BC BBM

Timeline Event
Media Vehicle September Oktober November Desember
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
Pembentukan Kelompok
Pembentukan Struktur Kepanitiaan
Penyusunan Proposal
Pertemuan Rutin Panitia
Konsultasi Dosen
Pelaksanaan Lomba
Evaluasi







12. Penutup
Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita  harapkan.
Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih.




Ketua Pelaksana
________________________ Semarang,

Sekretaris
_________________________


Mengetahui,
Kepala
______________________

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA MINAK JINGGO DAN DAMARWULAN

Contoh Naskah Drama Teatrikal (Kampanye Stop KDRT Jateng 2016)

Contoh Script Acara Televisi (Tugas Produksi Tv)