MANFAAT PERKULIAHAN DASAR – DASAR MANAJEMEN UNTUK PROFESI DI BIDANG KOMUNIKASI


Sebelum membahas tentang manfaat perkuliahan dasar – dasar manajemen untuk profesi di bidang komunikasi, sebaiknya kita harus mengetahui bagaimana prospek pekerjaan bagi orang yang mengambil studi Ilmu Komunikasi. Semakin maju dan berkembangnya zaman, semakin banyak pula jenis – jenis pekerjaan yang ‘muncul’ untuk memenuhi kebutuhan manusia. Seperti halnya Ilmu Komunikasi yang lahir karena semakin pentingnya komunikasi dan rangkaian – rangkaian pendukungya dalam mendukung aktifitas sehari-hari manusia.
Dan hal ini pula yang membuat pekerjaan – pekerjaan baru ‘lahir’ dari bidang komunikasi. Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki dua konsentrasi penjurusan, yakni Jurnalistik dan Hubungan Masyarakat (Public Relation) atau lebih disering disingkat PR.

1.      Jurnalistik
Untuk mahasiswa yang mengambil penjurusan dalam bidang kejurnalistikan dipersiapkan menjadi seorang yang terampil serta akademis dan profesional sebagai tenaga peneliti, perencana dan pengelola di bidang jurnalistik. Prospek pekerjaan untuk mahasiswa yang mengambil penjurusan dalam bidang jurnalistik bisa menjadi tenaga peneliti, perencana dan pengelola, dan bidang-bidang khusus seperti perusahaan penerbitan SK, majalah, TV, Radio, Film, dan pekerjaan lain yang berkaitan dengan dunia teknologi komunikasi.

2.      Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Hubungan Masyarakat sangat penting dalam suatu organisasi, karena keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai misi dan tujuannya ditentukan oleh peranan dan kegiatan hubungan masyarakat (Humas) dalam memelihara hubungan baik dengan masyarakat. Dan mahasiswa yang mengambil penjurusan Hubungan Masyarakat (Humas) memiliki prospek pekerjaan yang sangat baik, karena sekarang ini setiap lembaga ataupun perusahaan pasti memerlukan bagian Humas untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat.

Apa Itu Manajemen?

Setelah kita mengetahui prospek pekerjaan apa saja yang berhubungan dengan dunia komunikasi, kita juga harus tahu apa itu Manajemen. Dalam kamus bahasa Inggris – Indonesia kata manage memiliki arti: mengurus, memimpin, mencapai, mengatur, melaksanakan dan memerintah. Banyak ahli yang mendefinisikan Manajemen, Robbins dan Coulter (1999) menyebutkan Manajemen adalah proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain. Ahli-ahli lain juga memberikan definisi yang kurang lebih sama.  Gibson, Donelly, dan Ivancevich (1996) menyebutkan Manajemen adalah proses yang dilakukan seorang atau beberapa orang untuk mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai oleh orang itu sendiri.  Follet dalam Stoner dan Wankel (1986), menyebutkan bahwa Manajemen adalah seni untuk melakukan sesuatu melalui orang lain. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Manajemen adalah melakukan kegiatan – kegiatan dengan mengintegrasikannya dengan orang lain agar tercapai hasil yang lebih efektif dan efisien.

Apa Manfaat Manajemen Untuk Profesi di Bidang Komunikasi?

Dalam suatu pekerjaan ataupun aktifitas harus adanya aturan – aturan agar pekerjaan itu berjalan dengan baik dan benar. Adanya Manajemen mempermudah kita dalam melakukan suatu aktifitas, karena dengan mempelajari Manajemen kita bisa lebih mengefektifkan dan memaksimalkan hasil dari pekerjaan kita dengan bantuan orang lain, selain itu juga bisa mempererat hubungan antar individu karena terjalin kerja sama untuk mencapai hasil yang sama.

Manfaat Manajemen dalam profesi di bidang komunikasi dapat dirasakan dalam hal yang berhubungan dengan dunia kejurnalistikan maupun yang berhubungan dengan hubungan masyarakat. Dalam dunia jurnalistik misalnya untuk mendapatkan berita atau liputan yang baik harus ada koordinasi yang baik antara pihak – pihak yang terlibat, baik pihak lapangan (wartawan) maupun redaksi, harus ada ada pihak yang mengatur dan diatur untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Karena bila dalam pembuatan sebuah berita tidak adanya koordinasi dan penyatuan informasi akan membuat berita tersebut menjadi kurang valid dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya, karena satu pihak bisa membuat berita versi mereka yang berbeda dengan pihak yang lainnya, dikarenakan tidak adanya yang memanage pembuatan berita tersebut dan membuat masing – masing pihak berjalan sendiri – sendiri, disinilah peran penting Manajemen, untuk menyatukan perbedaan untuk tujuan yang sama, untuk mencapai hasil pekerjaan bersama yang efisien dan maksimal.

Begitu pula dalam hal hubungan masyarakat, untuk terjadi hubungan yang baik, harus adanya kesamaan rasa dan pikiran antara perusahaan atau lembaga dengan masyarakat, dengan penyatuan gagasan agar masyarakat setuju dan bisa menerima keputusan atau hasil dari perusahaan atau lembaga, karena agar perusahaan berjalan baik harus ada hubungan baik dengan masyarakat sebagai pengguna jasa (konsumen) perusahaan.


Daftar  Bacaan :











NAMA                                   : MUHAMMAD IZZAUL HAQUE
NIM                                        : G.311.13.0047
PROGDI                                : ILMU KOMUNIKASI (A)

MATA KULIAH                  : DASAR – DASAR MANAJEMEN

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA MINAK JINGGO DAN DAMARWULAN

Contoh Naskah Drama Teatrikal (Kampanye Stop KDRT Jateng 2016)

Contoh Script Acara Televisi (Tugas Produksi Tv)