MANFAAT PERKULIAHAN DASAR – DASAR MANAJEMEN UNTUK PROFESI DI BIDANG KOMUNIKASI
Sebelum
membahas tentang manfaat perkuliahan dasar – dasar manajemen untuk profesi
di bidang komunikasi, sebaiknya kita harus mengetahui bagaimana prospek
pekerjaan bagi orang yang mengambil studi Ilmu Komunikasi. Semakin maju dan
berkembangnya zaman, semakin banyak pula jenis – jenis pekerjaan yang ‘muncul’
untuk memenuhi kebutuhan manusia. Seperti halnya Ilmu Komunikasi yang lahir
karena semakin pentingnya komunikasi dan rangkaian – rangkaian pendukungya
dalam mendukung aktifitas sehari-hari manusia.
Dan hal ini pula yang membuat
pekerjaan – pekerjaan baru ‘lahir’ dari bidang komunikasi. Jurusan Ilmu
Komunikasi memiliki dua konsentrasi penjurusan, yakni Jurnalistik dan Hubungan
Masyarakat (Public Relation) atau lebih disering disingkat PR.
1.
Jurnalistik
Untuk mahasiswa yang mengambil penjurusan dalam bidang
kejurnalistikan dipersiapkan menjadi seorang yang terampil serta akademis dan
profesional sebagai tenaga peneliti, perencana dan pengelola di bidang
jurnalistik. Prospek pekerjaan untuk mahasiswa yang mengambil penjurusan dalam
bidang jurnalistik bisa menjadi tenaga peneliti, perencana dan pengelola, dan
bidang-bidang khusus seperti perusahaan penerbitan SK, majalah, TV, Radio,
Film, dan pekerjaan lain yang berkaitan dengan dunia teknologi komunikasi.
2.
Hubungan
Masyarakat (Public Relation)
Hubungan Masyarakat sangat penting dalam suatu organisasi, karena
keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai misi dan tujuannya ditentukan oleh
peranan dan kegiatan hubungan masyarakat (Humas) dalam memelihara hubungan baik
dengan masyarakat. Dan mahasiswa yang mengambil penjurusan Hubungan Masyarakat
(Humas) memiliki prospek pekerjaan yang sangat baik, karena sekarang ini setiap
lembaga ataupun perusahaan pasti memerlukan bagian Humas untuk menjaga hubungan
baik antara perusahaan dan masyarakat.
Apa
Itu Manajemen?
Setelah
kita mengetahui prospek pekerjaan apa saja yang berhubungan dengan dunia
komunikasi, kita juga harus tahu apa itu Manajemen. Dalam kamus bahasa Inggris
– Indonesia kata manage memiliki arti: mengurus, memimpin, mencapai, mengatur, melaksanakan dan memerintah. Banyak ahli yang mendefinisikan Manajemen, Robbins
dan Coulter (1999) menyebutkan Manajemen adalah proses pengkoordinasian dan
pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan
efisien melalui orang lain. Ahli-ahli lain juga memberikan definisi yang kurang
lebih sama. Gibson, Donelly, dan Ivancevich (1996) menyebutkan Manajemen
adalah proses yang dilakukan seorang atau beberapa orang untuk
mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak
dapat dicapai oleh orang itu sendiri. Follet dalam Stoner dan Wankel
(1986), menyebutkan bahwa Manajemen adalah seni untuk melakukan sesuatu melalui
orang lain. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa
Manajemen adalah melakukan kegiatan – kegiatan dengan mengintegrasikannya
dengan orang lain agar tercapai hasil yang lebih efektif dan efisien.
Apa Manfaat Manajemen Untuk Profesi
di Bidang Komunikasi?
Dalam suatu pekerjaan ataupun
aktifitas harus adanya aturan – aturan agar pekerjaan itu berjalan dengan baik
dan benar. Adanya Manajemen mempermudah kita dalam melakukan suatu aktifitas,
karena dengan mempelajari Manajemen kita bisa lebih mengefektifkan dan
memaksimalkan hasil dari pekerjaan kita dengan bantuan orang lain, selain itu
juga bisa mempererat hubungan antar individu karena terjalin kerja sama untuk
mencapai hasil yang sama.
Manfaat Manajemen dalam profesi di
bidang komunikasi dapat dirasakan dalam hal yang berhubungan dengan dunia
kejurnalistikan maupun yang berhubungan dengan hubungan masyarakat. Dalam dunia
jurnalistik misalnya untuk mendapatkan berita atau liputan yang baik harus ada
koordinasi yang baik antara pihak – pihak yang terlibat, baik pihak lapangan
(wartawan) maupun redaksi, harus ada ada pihak yang mengatur dan diatur untuk
mencapai tujuan yang lebih baik. Karena bila dalam pembuatan sebuah berita
tidak adanya koordinasi dan penyatuan informasi akan membuat berita tersebut
menjadi kurang valid dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya, karena satu pihak
bisa membuat berita versi mereka yang berbeda dengan pihak yang lainnya,
dikarenakan tidak adanya yang memanage pembuatan berita tersebut dan
membuat masing – masing pihak berjalan sendiri – sendiri, disinilah peran
penting Manajemen, untuk menyatukan perbedaan untuk tujuan yang sama, untuk
mencapai hasil pekerjaan bersama yang efisien dan maksimal.
Begitu
pula dalam hal hubungan masyarakat, untuk terjadi hubungan yang baik, harus
adanya kesamaan rasa dan pikiran antara perusahaan atau lembaga dengan
masyarakat, dengan penyatuan gagasan agar masyarakat setuju dan bisa menerima
keputusan atau hasil dari perusahaan atau lembaga, karena agar perusahaan
berjalan baik harus ada hubungan baik dengan masyarakat sebagai pengguna jasa
(konsumen) perusahaan.
Daftar
Bacaan :
NAMA :
MUHAMMAD IZZAUL HAQUE
NIM :
G.311.13.0047
PROGDI :
ILMU KOMUNIKASI (A)
MATA KULIAH :
DASAR – DASAR MANAJEMEN
Comments
Post a Comment